Kamis, 25 Februari 2016

Apa itu High Leverage Network (HLN)



Hampir dari network komputer besar saat ini pastinya menggunakan teknologi IP/MPLS. Dengan teknologi IP/MPLS ini bagi operator dapat menurunkan cost operational mereka karena dengan teknologi ini semua service dapat di deliver semua didalam satu network.

Dimana saat ini banyak content video yang dapat dinikmati oleh mansyarakat luas secara online streaming, dan hal ini tentunya menciptakan ledakan traffic bagi operator jaringan. Dimana mereka harus terus mengikuti perkembangan zaman informasi namun juga harus dapat menekan cost baik CAPEX maupun juga OPEX nya.

Tantangan bagi operator adalah bagaimana caranya untuk melakukan monetize terhadap bandwith yang kebutuhannya semakin membesar dengan adanya kontent video. Jawabannya adalah dengan membangun “High Leverage Network (HLN)”

High Leverage Network (HLN) adalah solusi pintar untuk menangani berbagai service yang lewat di jaringan, seperti service intelligence, broadband access, efesiensi IP transport dan menerapkan cost per bits yang lebih murah. Tentunya hal ini merupakan inovasi untuk meng-generate revenue dari service dan bisnis di jaringan. High Leverage Network (HLN) dapat dideskripsikan sebagai application enablement, universal access, network evolution dan operational transformation.

Ada 4 pilar dalam membangun HLN, yaitu :


Setiap pilar tentunya saling berkaitan satu dengan yang lain, dan sangat cocok untuk membuat service baru yang lebih bervariasi namun juga tetap menjaga cost dari CAPEX dan OPEX yang dibutuhkan.

Kira-kira seperti ini gambaran dari topologi HLN :


Berbagai vendor network seharusnya dapat saling berkolaborasi dalam membangun HLN, dimana tentunya harus saling ada keterbukaan dalam setiap protocol konektivitas yang akan digunakan untuk membangun HLN. Mulai dari sisi hardware maupun software.



Tantangannya saat ini adalah bagaimana meningkatkan keuntungan atau revenue per pelanggan atau subscriber dan juga tentunya dapat balik modal dari CAPEX dan OPEX yang sudah dikeluarkan.

Dony Ramansyah
site : http://donyramansyah.net
blog : dony-ramansyah.blogspot.com
email : dony.ramansyah[at]gmail.com
Registered linux user : ID 40017

Tidak ada komentar: